Sebelum kita memulai bagaimana cara sukses mengelola minimarket mandiri ada kala baiknya kita terlebih dahulu tahu apa itu Supermarket atau Minimarket. Yuk ikuti tautan ini ---> "PENGERTIAN SUPERMARKET ATAU MINIMARKET"
Setelah anda mengerti apa itu supermarket atau minimaket, berikut ini saya akan berbagi bagai mana cara memulai bisnis dan sukses mengelola minimarket.
Banyak sekali asumsi yang menyatakan bahwa seseorang pertama kali menjalan kan bisnis maka persentase kegagalan nya bisa mencapai 80%, mengapa demikian? karena seseorang tersebut belum memahami secara betul bagai mana cara untuk memulai berwirausaha. Menjadi seorang pebisnis tidaklah harus berlatar belakang pendidikan ekonomi. Tanpa mengenyam bangku pendidikanpun bukanlah kendala. Kita bisa berguru pada orang terbaik dan tepat untuk mengetahui secara menyeluruh bisnis tersebut. Bahkan saat ini sudah banyak Jasa konsultasi dibidang pembukaan minimarket yang siap membatu kita untuk belajar mengetahui bagai mana peluangnya serta ancamannya, bahkan kita bisa belajar strategi untuk memperoleh peluang yang besar. Mengetahui strategi mengurangi ancaman agar pada saat berbisnis dalam kondisi apapun kita tetap semangat.
Setelah kita memutuskan untuk berwirausaha di bidang minimarket mandiri alangkah baiknya kita mulai dengan langkah - langkah berikut ini.
A. Buatlah Study Kelayakan Bisnis & Analisis Lingkungan (SWOT)
Studi Kelayakan Bisnis adalah kegiatan melakukan penelitian dan penyelidikan yang mendalam tentang bisnis yang akan digeluti ditinjau dari berbagai aspek sehingga memperoleh gambaran awal tentang layak tidaknya usaha tersebut dibangun di suatu wilayah, serta apa antisipasi yang akan diterapkan. Study Kelayakan Bisnis ini boleh juga dikatakan bagian dari perencanaan. Perencanaan adalah langkah awal dalam memulai bisnis, baik skala kecil maupun dalam skala besar. Tanpa Perencanaan maka kita akan mengalami kesulitan dalam menjalankan usaha karena tidak memiliki arah yang jelas.
Hal yang menjadi alasan kenapa Study Kelayakan Bisnis minimarket sangat diperlukan adalah agar Latar Belakang dan tujuan bisnis minimarket menjadi jelas, arah perjalanan bisnis fokus karena memilili visi dan misi serta kita juga bisa mengetahui kebutuhan modal dalam membangun usaha minimarket, sehingga kita bisa membuat targer penjualan dan kita bisa termotifasi agar balik modal ( Return Of Investment) dapat tercapai sesuai dengan target kita. Bagaimana cara membuat study kelayakan bisnis di bidang minimarket ? Klik disini----> Maaf Bro & Sist lagi di ketik/Maintenance
Salah satu instrument yang terdapat dalam study kelayakan usaha adalah Analisis Lingkungan atau SWOT (Strength/Kekutatan. Weaknesses/Kelemahan. Opportunities/Kesempatan. Threats/Ancaman).
Kunci yang harus di ingat saat menggunakan analisis SWOT adalah:
- Membangun Kekuatan
- Memecahkan Kelemahan
- Memanfaatkan Kesempatan
- Menghindari Ancaman
- Apakah keuntungan kita.?
- Apakah yang kita lakukan baik ?
WEAKNESSES : Kekurangan kita atau sesuatu yang kita lakukan dengan buruk dibandingkan dengan yang dilakukan/dimiliki pesaing. Pertanyaan kita adalah:
- Apakah yang dapat kita tingkatkan.?
- Apakah yang kita lakukan buruk.?
- Apakah yang harus kita hindari.?
OPPORTUNITIES : Kesempatan realistis bagi perkembangan bisnis di masa depan. Suatu yang digunakan untuk mengembangkan kelebihan. Pertanyaan kita adalah:
- Seperti apakah kecendrungan pasar itu.?
- Bagaimana cara memanfaatkannya.?
- Seperti apakah kesempatan yang ada bagi kita.?
THREATS : Faktor yang mungkin sudah atau belum kita awasi yang dapat mengarah pada kemunduran usaha kita. Pertanyaan kita adalah:
- Rintangan apakah yang kita hadapi.?
- Apakah yang dilakukan pesaing kita.?
- Efek apakah yang terjadi atas kemajuan teknologi?
Bagaimana cara membuat Analisis SWOT di bidang minimarket ? Klik disini----> Maaf Bro & Sist lagi di ketik/Maintenance
Tidak ada komentar:
Posting Komentar